Hari Minggu Palma (Minggu Sengsara)


Antifon Pembukaan :
* Terpujilah Putera daud !Terberkatilah dia yang datang atas nama tuhan!Terpujilah Yang Mahatinggi.

Bacaan I - yes 50;4-7 " Aku tidak memalingkan wajah ku dari cercaan dan aku yakin takkan dipermalukan."

Madah pertama tentang Hamba Yahwe melagukan terpilihnya oleh Allah.Madah itu dibacakan pada pesta pembaptisan Kristus.Madah kedua menekankan bahawa perutusannya harus disertai dengan penderitaan.Sedangkan madah ketiga yang disajikan di sini memuji ketahanannya yang ditimpa oleh Hamba itu dari dukungan Yahwe,sebab ia adalah murid-Nya yang rajin.

Bacaan II - Flp : 6-11 " Yesus merendahkan diri,maka Allah mengagungkan-Nya."

Madah Pujian bagi Kristus ini berisi dua buah pertentangan;Penghinaan yang sehina-hinanya dan pengangkataan yang setinggi-tingginya,serta situasi budak dan situasi Tuhan.Putera Allah menerima penghinaan di salib.Pengangkataannya adalah jawaban dengan madah Hamba Penderita.tetapi di situ jauh lebih luhur;bukan hanya demi Tuhan kita harus berlutut tetapi kerana Dia itu Allah sendiri.

Pembacaan Injil - Mat 26 : 14-27;66 "Benarkah Engkau raja Yahudi?
Disitu Matius berbicara kepada kaum beriman.Ia memberikan kunci untuk memahami peristiwa-peristiwa tentang Yesus yang mengerikan agar dengan demikian dapat menempatkan diri dalam rencana penyelamataan.Ditandakan dalam keseluruhannya bagaimana sikap Yesus terhadap kehendak Bapa-Nya dan bagaimana Kitab Suci dipenuhi dalam diri Kristus.dengan rela dan sedar Kristus harus menyerahkan diri kepada para pembunuh-Nya.Puteri Sion harus menuntut hukuman mati bagi Rajanya.Mulai sekarang tanda-tanda alam harus mewartakan kekuasaan Putera Manusia.Melalui para pemimpinnya Israel harus mempersalakan iman para murid akan kebangkitan Kristus.Sebab itulah inti perutusan Gereja.
Antarbacaan ;
R :  Allah ku,ya Allah ku,mengapa aku Kau tinggalkan ?

* Semua yang melihat aku mengolok-olok aku,mereka mencibirkan bibir dan menggelengkan kepala."biar Tuhan meluputkannya,biar Tuhan melepaskannya,kalau Tuhan memang menaruh perhatian.

* Seperti anjing musuh mengerumuni aku,gerombolan penjahat mengepung aku.Mereka menusuk tangan dan kaki ku,segala tulang ku dapat ku hitung.

* Mereka membagi-bagi pakaian ku diantara mereka dan membuang undi atas jubah ku.Tetapi tuhan,Engkau janganlah jauh;kekuataan ku,bergegaslah menolong aku.

* Maka aku akan memasyhurkan nama Mu kepada saudara ku dan memuji Engkau di tengah-tengah umat.Hai orang takwa,pujilah Tuhan,segenap keturunan Yakub,muliakanlah Tuhan,gentarlah terhadapNya,hai segala keturunan Israel.


Pengantar Injil :
* Kristus sudah taat sampai wafat,wafat di salib.Dari sebab itulah Allah mengagungkan Yesus.Nama yang paling luhur dianugerahkan kepadaNya.

Menghayati Ekaristi Dalam Hidup
Karya keselamataan yang dilaksanakan Kristus tidak terbatas pada suatu tempat ataupun suatu saat.Manusia segala masa dimana pun dihidupkanNya.Tetapi mereka masih harus terbuka untuk belajar hidup dalam solidaritas dengan sesamanya.setiap penderitaan yang benar-benar tergabung dalam penderitaan Kristus.Demikianlah setiap orang Kristian mengikuti jejak Gurunya,melakukan kehendak Bapa dan menerima kerajaan-Nya