Hari Minggu Biasa ke 27





Antifon Pembukaan :
* Semesta alam takluk kepada kehendak Mu ya Tuhan dan tiada suatu pun yang dapat menentangnya.sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu,langit dan bumi serta seluruh isinya.engkaulah Tuhan atas seluruh dunia.

Kata Pembukaan :
* Orang yang menanam padi dengan penuh harapan menantikan musim menuai.demikian pula pula orang yang menanam pohon buah-buahan mengharapkan pohon itu menghasilkan buah-buahan mengharapkan pohon itu menghasilkan buah melimpah.Demikian pula kita dan demikian pula Tuhan kita.Tuhan juga membuat kebun anggur dan kebun anggur itu adalah kita,Gereja.Dengan penuh harapan Ia menantikan hasilnya.Dewasa ini orang mencari di dalam Gereja sukacita ketenangan,harapan untuk masa depan dan hati penuh cinta kasih.Hasil yang demikian itulah yang dicari Tuhan pada kita dan bila Ia tak menemukannya,maka kebun anggur itu akan diserahkan kepada orang lain yang akan mengusahakan supaya menghasilkan buah melimpah.

Bacaan I - Yes 5:1-7
'Kebun anggur Tuhan semesta alam ialah umat Israel."
* Di dalam Kitab Suci,umat Allah digambarkan sebagai kebun anggur.Perumpamaan dalam bacaan ini melukiskan segala segi yang mendapat perhatian Tuhan.tetapi umat yang diantara sekian banyak bangsa telah terpilih untuk menerima janji cinta kasih,mengecewakan.Maka Tuhan akan menghukumnya.Hal itu bagi Tuhan,bukanlah soal bila kelak berbaik hati lagi.

Antarbacaan :

R : Kebun anggur Tuhan ialah umat Israel.
* Umat Mu bagaikan pokok anggur yang Kau pindahkan dari Mesir,Kau halaukan bangsa-bangsa,lalu Kau tanamkan dia.Ranting-rantingnya menjulur sampai ke laut dan sulur-sulurnya sampai ke sungai Efrat.
* Ya Allah,mengapa Engkau merobohkan pagarnya,sehingga setiap orang yang lewat memetik buahnya/Babi hutan menggerotoginya dan binatang di padang memakannya?
* Ya Allah semesta Allah,kembalilah pandanglah dari surga dan indahkanlah kebun anggur Mu,lindungilah pohon yang Kau tanam dengan tangan Mu sendiri.
* Maka kami tidak akan menyimpang daripada Mu,lindungilah hidup kami,maka kami akan memuji Engkau.Ya Tuhan Allah semesta alam,pulihkanlah kami,tunjukkanlah seri wajah mu,maka selamatkanlah kami.

Bacaan II - Flp 4:6-9 
"Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu."
Pengikut Kristus harus menyingkirkan rasa gelisah dan takut dengan tabah melakukan segala kebajikan insani sebab semuanya itu akan ditingkatkan oleh rahmat.Maka akan mekar dalam kedamaian yang berasal dari Allah dan telah dijanjikan oleh Kristus (Yoh 14:27).Kedamaian itu berdasarkan kepercayaan dan doa.

Pengantar Injil :
* Alleluia...Alleluia....
Aku telah memilih kamu dari dunia agar kamu pergi dan menghasilkan buah yang takkan binasa.

Bacaan Injil - Mat 21;33-43
Kebun anggur itu akan disewakan kepada pengarap-pengarap lain."
* Dengan mengadakan perjanjian Tuhan telah menyewakan kebun anggur Nya kepada umatNya.Tetapi petani-petani anggur yang jahat yang dimaksudkan kaum Farisi dan ahli-ahli kitab,mahu memiliki hasil seluruhnya.Mereka akan membunuh bukan hanya para nabi,utusan Allah,tetapi malahan Putera Allah sendiri.Tetapi Allah akan membangkitkan Nya dan menjadikanNya batu sendi Gereja Nya.Gereja itulah yang akan menggantikan Israel menjadi ahli waris kerajaan.Dengan demikian diharapkan hasil yang melimpah.

Menghayati Ekaristi dalam Hidup:
Sebagai pendidik yang baik,Tuhan dengan kasih sayang kebapaanNya mahu mendekatkan kita kepada diri Nya.Betapa banyak kekurangan kita,namun Ia tetap setia melaksanakan rencana kasih sayang Nya.Bahkan Putera Nya yang tunggal direlakanNya bagi kita.Selanjutynya Kristus sendiri yang menjadi pokok anggur dan kita ranting-rantingnya.Asal kita tetap bersatu dengan Nya dengan melakukan Nya dan akan menghasilkan buah melimpah )Yoh 15;1-10)