Hari Minggu Biasa ke 29






Antifon Pembukaan :-
* Aku berseru kepada Mu,sebab engkau mendengarkan daku,ya Allah.Condongkanlah telinga Mu kepada ku,dengarkan kata ku.Jagalah aku bagaikan biji mata,sembunyikanlah daku di bawah naungan sayap Mu.

Kata Pembukaan :-
yang di puji oleh Paulus pada umat di Tesalonika,hendaknya nampak juga pada kita.Bila kita menjadi milik Kristus benar-benar,maka tiada cobaan yang akan menyebabkan berputus asa,maka iman dan harapan kita harus diujudkan dalam amal cinta kasih dan keadilan sosial.dengan demikian barulah kita menjadi tanda kehadiran Allah di dunia dan tanda karya Roh Kudus di tengah-tengah masyarakat.Roh itu pernah memperalat Koresy,seorang kaisar kafir.Juga dewasa ini Tuhan dapat berbicara melalui kaum kafir dan kaum hippi melalui kaum ateis dan kaum kebatinan.semua mereka itu dapat menggugah kita untuk mawas diri dan menghayati bahawa hanya Tuhanlah yang dapat kita andalkan dan hanya kepada Nyalah harus kita berikan yang menjadi hak Nya.


Bacaan 1 - Yes 45:1,4-6
'Aku memegang tangan kanan Koresy untuk menaklukkan bangsa-bangsa dihadapannya."
Pada saat Yesus berseru orang-orang sebangsanya dipembuangan,maka Raja Koresy menuju ke Babilon.Dalam mabuk atas kemenangannya dinegara-negara sekitarnya,ia membebaskan semua tawanan.dengan demikian tanpa sedar ia memasukkan aksi politiknya ke dalam rencana Allah mengenai umat Nya.Sementara itu terpilihnya Koresy tidak mengurangi hak wewenang keturunan Daud.dari keturunan Daud itulah akan dilahirkan Kristus yang terurapi paling utama.

Antarbacaan :-
R - Tunjukkanlah kepada Tuhan kemuliaan dan kuasa.
* Nyanyikanlah lagu bagi Tuhan!Bernyanyilah bagi Tuhan,hai seluruh bumi!Ceritakanlah kemuliaan Nya diantara bangsa-bangsa dan karya Nya yang agung diantara segala suku.
* Sebab Tuhan mahaagung dan sangat terpuji,Ia dahsyat melebihi segala dewata.sebab dewa-dewa para bangsa sesungguhnya tidak ada.Tuhanlah yang menciptakan langit.
* Tunjukkanlah kepada Tuhan,hai segala suku bangsa.tunjukanlah kepada Tuhan kemuliaan dan kuasa.serukanlah nama Nya masuklah dipelantaraan rumah Nya.
* Bersujudlah menyembah hadirat Nya,gementarlah dihadapan tuhan,hai seluruh bumi.'Tuhanlah raja" Ia menghakimi para bangsa dengan adil.

Bacaan II - 1 Tes 1 :1-5b
"Kami terkenang akan iman,cinta kasih dan harapanmu."
Sebagai buku pertama Perjanjian Baru,surat ini ditulis oleh Paulus sekitar tahun lima puluh dan ditujukan kepada uamt di tesalnika yang dahulu menerima pewartaan Injil daripadanya.Ia bersyukur kepada tuhan kerana mereka menanggapi pilihan Tuhan dengan iman,harapan dan cinta kasih yang dinamis,berkat bantuan Roh Kudus.

Pengantara Injil :-
* Alleluia...Alleluia...
Hendaknya kamu bersinar seperti bintang-bintang sambil berpegang pada sabda kehidupan.Alleluia..


Bacaan Injil - Mat 22:15-21
'Berikanlah kepada kaisar yang menjadi hak kaisar dan kepada Allah yang menjadi hak Allah."
Kaum Farisi dan kaum Herodes tidak seia sekata dalam sikap mereka terhadap penguasa penjajah.Tetapi untuk menjerat Yesus,mereka rukun.Mereka mengira takkan mungkin Ia melepaskan diri tanpa dikutuk oleh parti nasional Yahudi atau oleh penguasa Romawi.Tetapi Yesus memberikan jawaban yang konkret dan realistis.Dengan demikian mereka tahu akan kewajiban mereka sebagai warga negara.tetapi Yesus memaksa mereka untuk melihat lebih jauh;mereka harus meneliti sikap mereka terhadap Tuhan.Negara dapat menuntut wang dan pengabdian dari warganya.tetapi hanya Tuhanlah yang dapat menuntut seluruh kepribadian makhluk Nya.

Menghayati ekaristi dalam Hidup:
Masyarakat sipil,negara dan masyarakat iman,Gereja ,memang tidak sama.Masing-masing mempunyai tugasnya.Tetapi yang menjadi warga kedua masyarakat itu sama orangnya.Ia harus menghayati pengabdiannya kepada Negara dan sekaligus kepada  Tuhan.dalam diri Yesus dapat kita lihat contohnya.Kristus mengakui hak wewenang kaisar tetapi Ia berdaulat penuh sebagai Putera Allah.Namun dalam pertentangan antara dua kekuasaan itu,Ia menunjukkan bahawa kita harus lebih mentaati Allah dari pada manusia 9kis 5;29)