Hari Raya Maria Bunda Allah

 




Antifon Pembukaan :-
* Salam Bunda yang suci,Bunda mulia Penguasa abadi yang memerintah surga dan bumi.

Kata Pembukaan :
Pada Bunda Maria yang indah adalah imannya dan bahawa ia terpilih menjadi Bunda Penebus.Bahwa ia terpilih menjadi Bunda Penebus.Bahwa ia terpilih dan menerima pilihan itu,memungkinkan Allah menjadi dan menerima pilihan itu,memungkinkan Allah menjadi Allah-Berserta-Kita,Emmanuel,dalam diri Yesus.Bagi Bunda Maria pun sebenarnya segala-galanya belum jelas.Namun ia menjawab juga,"jadilah pada ku menurut perkataan mu itu."Maka Bunda Maria adalah Bunda kita bersama.Perayaan Ekaristi pada tahun baru ini dapat pula merupakan jawaban kesanggupan kita kepada Tuhan.Dalam erti demikian kita dapat saling menyampaikan ,Selamat Tahun baru".

(Renungan>  Bacaan I - Bil 6:22-27)
'Mereka akan menyerukan nama Ku atas umat Israel dan Aku akan memberkati mereka."

Umat terpilih mengenal Allah lewat segala karya Nya>dengan karya itu Tuhan memperlihatkan siapakah Dia itu sebenarnya iaitu Allah yang memberi kehidupan (Kel 3:14).Dengan menyerukan nama dan kekuasaan Nya doa liturgi dalam bacaan ini memohon dengan perantaraan imam-imamnya agar berkenaan di hati Tuhan.

Antarbacaan -

R : Ya Allah,kasihanilah kami dan berkatilah kami.

*  Ya Allah,kasihanilah kami dan berkatilah kami,semoga cahaya wajah Mu menyinari kami,supaya jalan Mu dikenal dibumi dan keselamataan Mu diantara para bangsa.

* Kitanya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai sebab Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil dan menuntun suku-suku bangsa diatas bumi.

* Kiranya para bangsa bersyukur kepada Mu,ya Allah,kiranya para bangsa semuanya bersyukur kepada Mu.Allah memberkati kita;kiranya segala hujung bumi takut akan Dia.

Renungan > Pembacaan II - Gal 4:4-7
'Tuhan mengutus PuteraNya yang dilahirkan oleh wanita."

Siapakah Tuhan itu,dapat kita lihat pada wajah Kristus dan maksud baik Nya.Dahulu kita adalah budak dosa tetapi kita dijadikan Nya putera dan puteri Bapa.Peranan Maria dalam hal ini tak dapat digantikan oleh orang lain.Sebab dialah 'Bunda Allah".Berkat Roh Kudus ia telah mengandung Putera Nya.

Pengantar Injil
* Alleluia...Alleluia...
Dahulu Allah bersabda berulang kali kepada leluhur kita melalui para nabi.tetapi kini Ia bersabda kepada kita dengan perantaraan Putera Nya sendiri.Alleluia....Alleluia...

Renungan > Pembacaan Injil - Luk 2:16-21
* Setelah delapan hari Puteranya itu diberi nama Yesus".
Barangsiapa menerima Kristus,menerima kabar gembira keselamataan.Para gembala adalah yang pertama.Allah menyatakan diri pada Yesus dan nama itu bererti Penebus (Mat 1;25).Bunda Maria,suri teladaan orang-orang yang berdoa,setapak demi setapak memasuki misteri nama itu.

Menghayati ekaristi dalam Hidup :
" Dengan perantaraan Kristus'kita peroleh rahmat dari Bapa yang kemuliaan Nya memancar pada wajah Kristus (2 Kor 4;6)Nama Yesus selanjutnya adalah nama yang dijunjung tinggi oleh umat Kristian.Seturut teladaan Bunda Maria yang membuka diri terhadap rahmat ketika diangkat menjadi Bunda penyelamat,hendaknya kita persilakan Kristus berkembang di dalam diri kita dengan menerima Nya secara penuh iman.Proses ini akan memakan waktu lama dan menuntut banyak ksabaraan.tetapi Bunda Maria akan membantu kita dengan perantaraannya sehingga kita akhirnya dapat memandang wajah Putera Bapa yang terkasih.